Analisis Tangible, Intangible, dan Persepsi Warna
Persepsi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu persepsi tangible dan persepsi intangible. Persepsi tangible adalah persepsi yang berkaitan dengan objek fisik atau benda-benda yang dapat dirasakan secara langsung melalui indera. Sementara itu, desain intangible adalah desain yang berkaitan dengan hal-hal yang tidak dapat dirasakan secara langsung melalui indera. Selanjutnya Persepsi Warna adalah pemahaman tentang warna-warna yang ternyata dapat memengaruhi psikologi seseorang. Warna bukan sekadar warna, namun memiliki makna yang cukup dalam hingga dikatakan dapat memengaruhi perilaku, suasana hati, kognisi, fokus, dan asosiasi umum.
Persepsi warna sendiri ditentukan oleh brightness, hue, dan saturasi. Brightness dipahami sebagai luminance atau banyaknya penerimaan cahaya. Hue mengacu pada “tingkat warna merah”, “tingkat warna hijau”, dan lainnya. Sementara itu, saturasi mengacu pada kecerahan atau kekuatan warna.
Di bawah ini merupakan beberapa contoh dari Persepsi Tangible, Intangible, dan Warna :
2. Cover Buku "Cinta Di Dalam Gelas"
3. Iklan Gojek
Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa Ojek. Gojek membedakan dirinya dari pesaingnya dengan fokus pada layanan transportasi dan pengiriman barang yang cepat, aman, dan terjangkau. Gojek juga menawarkan berbagai layanan lain seperti pembayaran digital, belanja online, dan layanan kesehatan. Intangible yang terdapat pada iklan ini terdapat pada bagian typografi "kapan pun,di mana pun #GakPakeLama" sehingga meyakinkan customer bahwa gojek bisa di pesan kapan saja dan di mana saja, serta memberikan layanan cepat saya memesan. Kemudian warna hijau pada merek Gojek melambangkan stabilitas, ketahanan, kemakmuran, dan sesuatu yang berlimpah. Warna hijau juga memiliki kombinasi arti positif, seperti halnya Gojek yang mempunyai misi untuk membawa pengaruh positif bagi lingkungan sekitarnya.
4. Logo Tokopedia
Pada logo Tokopedia ini merupakan Tangible karna memliki sebuah illustrasi dan ada Itangible yang memiliki arti pada illustrasi pada logonya yaitu, lambang Tokopedia terdiri dari gambar burung hantu dan keranjang belanja, burung hantu melambangkan kecerdasan dan kebijaksanaan. Tokopedia ingin menjadi marketplace yang tidak memihak siapa pun dan bisa melihat permasalahan dan menengahinya secara adil dari segala aspek dan pihak. Sementara itu, keranjang belanja melambangkan solusi untuk masyarakat berbelanja tanpa harus bepergian keluar dari rumah. Tokopedia ingin menjadi one stop solution shopping untuk penggunanya. Selain itu warna pada logo Tokopedia mewakili harmoni, kreativitas, serta semangat untuk terus berkembang dan berinovasi.
5. Iklan Traveloka
Traveloka adalah platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan berbagai layanan perjalanan seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, sewa mobil, dan aktivitas wisata, pada iklan ini merupakan Itangible yang terdapat pada Typografi "Situs Booking Tiket Pesawat no.1 Di Indonesia", sehingga meyakinkan bahwa traveloka merupakan sebuah situs booking pesawat no.1 yang berada di indonesia dan telah berkembang menjadi salah satu platform perjalanan terbesar di Asia Tenggara. warna yang terdapat pada iklan ini salah satunya biru karna warna biru pada logo Traveloka melambangkan kebebasan dan kemudahan dalam melakukan perjalanan. Warna biru juga melambangkan kepercayaan, ketenangan, dan keamanan.
Komentar
Posting Komentar